Pengertian pasar
Pasar
adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk menjual dan membeli barang
atau jasa. Lalu arti pasar adalah suatu tempat pada waktu tertentu para penjual
dan pembeli dapat bertemu guna melakukan transaksi jual beli barang.
Definisi pasar
Sedangkan
definisi pasar ialah sebagai serangkaian sistem (tidak hanya sebatas tempat)
yang bisa mengatur kepentingan pihak pembeli terhadap kepentingan pihak
penjual. Sistem tersebut sebagai aturan atas berbagai segmen, yakni semua pihak
terkait seperti pembeli dan penjual, barang dagangan, serta peraturan tertulis
maupun tidak tertulis yang disepakati. Terlibat juga peraturan pemerintah yang
saling berhubungan, berinteraksi dan berkesinambungan antara satu dengan yang
lainnya.
Jenis-Jenis Pasar
Jenis
pasar menurut bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi
menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata(abstrak). Maka kita lihat
penjabaran berikut ini:
- Pasar Nyata.
Pasar
nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat
dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
- Pasar Abstrak.
Pasar
abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang
akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan
surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar
valuta asing.
Jenis-Jenis karakteristik Pasar :
-Pasar
persaingan sempurna
-Pasar
Monopoli
-Pasar
Monopolistik
-Pasar
Oligopoli
1.
Pasar persaingan sempurna
adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat
banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui
mekanisme pasar dan hasil interaksi
antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli
di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima
harga.
Kateristik
Pasar persaingan sempurna :
a.
Terdapat banyak penjual dan pembeli di dalamnya artinya tidak hanya satu
penjual dan pembeli yang ada di dalam pasar, jadi yang menentukan harga
bukanlah pembeli atau penjual, tetapi keseluruhan interaksi
antara pembeli dan penjual..
b.
Barang yang diperjual belikan homogen (serupa), terkadang pembeli tidak dapat
membedakan barang produksi suatu perusahaan dengan produksi perusahaan lainnya.
c.
Perusahaan dapat dengan bebas keluar masuk pasar tersebut, suatu perusahaan
bebas menentukan ingin keluar atau memasuki pasar persaingan sempurna karena
hampir tidak ada hambatan bagi perusahaan untuk keluar ataupun masuk ke pasar
tersebut.
2.
Pasar Monopoli
adalah
suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai
pasar. Produsen bebas untuk menentukan harga. Penentu harga pada pasar ini
adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis". Harga
ditentukan dari jumlah barang yang akan diproduksi, semakin sedikit banrang,
semakin mahal harga barang tersebut.
Karakteristik
Pasar Monopoli
a.
Hanya ada satu produsen
b.
Produsen bebas menentukan harga
c.
Adanya hambatan bagi perusahaan lain untuk masuk ke dalam pasar monopoli
d.
Output yang besar karena permintaannya banyak
e.
Biaya marginal semakin lama semakin menurun, sehingga biaya produksi (AC) makin
rendah (decreasing MC dan AC)
3.
Pasar Monopolistik
adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang
menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang
dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk
lainnya. produsen memiliki kemampuan untuk memengaruhi harga pasar.
Karakteristik
Pasar Monopolistik
a.
Terdapat banyak penjual, oleh karena itu suatu produsen hanya memiliki pengaruh
yang kecil dalam penentuan harga barang
b.
Barang yang dihasilkan berbeda corak, ini adalah faktor terpenting uang
membedakan pasar persaingan monopolistik dengan pasar persaingan sempurna.
Secara fisik mudah membedakan produksi suatu perusahaan dengan produksi
perusahaan lainnya
c.
Masuk ke dalam industri sangat mudah, hambatan untuk masuk ke dalam pasar ini
tidak sesulit dalam pasar monopoli atau oligopoli, tetapi juga tidak semudah
dalam pasar persaingan bebas karena butuh modal yang besar untuk menghasilkan
barang yang berbeda corak dengan yang sudah tersedia di pasar.
4.
Pasar Oligopoli
adalah
pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa
perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang
dari sepuluh. Praktek oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya
untuk menahan perusahaan-perusahaan potensial untuk masuk kedalam pasar, dan
juga perusahaan-perusahaan melakukan oligopoli sebagai salah satu usaha untuk
menikmati laba normal di bawah tingkat maksimum dengan menetapkan harga
jual terbatas, sehingga menyebabkan kompetisi harga di antara pelaku usaha yang
melakukan praktik oligopoli menjadi tidak ada.
Karakteristik
Pasar Oligopoli
a.
Sedikit produsen dalam suatu pasar, akibatnya keputusan yang diambil oleh satu
produsen akan sangat mempengaruhi produsen yang lain. Oleh karena itu
Produsen-produsen yang ada saling bersepakat untuk melakukan tindakan
bersama di dalam menentukan harga dan tingkat produksi
b.
Produk yang dihasilkan homogen atau sama, ada 2 tipe, yang pertama adalah
produsen barang standar atau bahan mentah, yang ke-dua adalah produsen barang
yang berbeda corak, biasanya barang akhir atau barang jadi.
Latar belakan monopoli
Pasar
untuk suatu barang dikatakan sebagai monopoli apabila hanya ada satu produsen
untuk barang tersebut. Oleh karena itu perusahaan tunggal ini menghadapi
keseluruhan kurva permintaan pasar. Penentuan harga atau jumlah barang yang
diproduksi pada suatu perusahaan monopolis dapat mempengaruhi pasar sedangkan
keputusan perusahaan dalam persaingan sempurna mengenai jumlah output yang akan
diproduksi tidak berpengaruh terhadap harga pasar.
Dalam
hal ini pasar monopoli merupakan kasus ekstrim ang bertolak belakang dengan
bentuk pasar persaigan sempurna. Secara teknis sebuah perusahaan monopoli dapat
memilih satu titik pada kurva permintaan pasar dimana perusahaan akan
beroperasi. Perusahaan tersebut dapat juga memilih harga pasar atau jumlah
output (tetapi tidak keduanya)
B. Ciri-ciri Pasar
Monopoli
- Pasar monopoli adalah industry satu
perusahaan
- Tidak mempunyai barang pengganti yang
mirip
- Tidak terdapat kemungkinan untuk masuk
ke dalam industry
- Dapat mempengaruhi penentuan harga
- Promosi iklan kurang diperhatikan
C. Faktor-faktor yang
Menimbulkan Monopoli
- Perusahaan monopoli mempunyai suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain
- Perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi (economics of scale) hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi
- Monopoli wujud dan berkembang melalui undang-undang, yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan tersebut.
Ø
Kebaikan dan Keburukan Monopoli
1. Implikasi terhadap kesejahteraan masyarakat
yang perlu diperhatikan adalah bahwa dalam pasar monopoli :
Ø
Hilang atau berkurangnya tingkat kesejahteraan konsumen, hal ini
terjadi karena volume produksi lebih kecil dari volume output yang optimum,
inefisiensi ini menimbulkan kesejahteraan konsumen yang semakin berkurang.
Ø
Menimbulkan eksploitasi terhadap konsumen dan pemilik faktor
produksi.
Ø
Memburuknya kondisi makroekonomi nasional, sebab jumlah output riil
industry lebih sedikit dari pada kemampuan sebenarnya.
Ø
Memburuknya kondisi
perekonomian internasional, hal ini terjadi karena munculnya inefisiensi.
2. Ada beberapa kebijaksanaan yang ditempuh
pemerintah untuk mengurangi efek negative monopoli
- Melalui penetapan Undang-Undang Anti-Trust Pemerintah mendirikan perusahaan tandingan di dalam pasar tersebut dengan tujuan untuk member persaingan kepada si monopolis untuk membatasi kekuasaan monopolinya.
- Membuka kran impor sehingga barang buatan luar negeri bisa memberikan persaingan kepada barang dalam negeri.
- Dengan membuat ketentuan khusus terhadap operasi perusahaan monopoli tersebut.
3.
Monopoli tidak selalu buruk dari pada persaingan sempurna, yaitu bila kita lihat dari segi lain:
- Monopoli mendorong perusahaan untuk melakukan inovasi baru dalam produknya.
- Dalam kasus monopoli alamiah, dimana luas pasar terbatas dan skalaekonomis yang besar, maka sangat tidak efisien bila diharapkan dalam bentuk industri persaingan sempurna.
Etika di Dalam Pasar Kompetitif
Pasar
bebas kompetitif sempurna mencakup kekuatan-kekuatan yang mendorong pembeli dan
penjual menuju apa yang disebut titik keseimbangan.
Dalam
hal ini pasar dikatakan mampu mencapai tiga moral utama ;
1. Mendorong pembeli dan penjual mempertukarkan barang dalam cara yang
adil.
2. Memaksimalkan utilitas pembeli dan penjual dengan mendorong mereka
mengalokasikan, menggunakan, dan mendistribusikan barang-barang dengan
efisiensi sempurna.
3. Mencapai tujuan-tujuan tersebut dengan suatu cara yang menghargai
hak pembeli dan penjual untuk melakukan pertukaran secara bebas.
Untuk
memahami aspek dari pasa kompetitif sempurna, kita perlu mempertimbangkan apa
yang terjadi dalam pasar, namun dalam suatu system perekonomian yang terdiri
dari suatu system dari banyak pasar. Sistem pasar dikatakan efisiensi sempurna
jika semua barang dalam semua pasar dialokasikan, digunakan dan didistribusikan
dengan suatu cara yang menghasilkan tingkat kepuasan paling tinggi dari
barang-barang tersebut.
Sistem pasar kompetitif sempurna mencapai
efisiensi tersebut dalam 3 cara:
- Pasar kompetitif sempurna memotivasi perusahaan untuk menginvestasikan sumber daya mereka dalam industri-industri yang tingkat permintaannya tinggi dan mengalihkan sumber daya dari industri-industri yang permintaannya rendah.
- Pasar kompetitif sempurna mendorong perusahaan untuk meminimalkan sumber daya dikonsumsikan untuk memproduksi suatu komoditas dan menggunakan teknologi paling efisien yang tersedia.
- Pasar kompetitif sempurna mendistribusikan komoditas diantara para pembeli dalam suatu cara dimana semua pembeli menerima komoditas yang paling memuaskan yang dapat mereka peroleh, dalam kaitannya dengan komoditas yang tersedia bagi mereka serta uang yang mereka miliki untuk membelinya.
SUMBER :
NAMA : NOEKTA ROUZQI
NPM : 16213481
KELAS : 4EA10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar