Rabu, 08 Oktober 2014

EKONOMI KOPRASI



EKONOMI KOPRASI
Nama : NOEKTA ROUZQI
Kelas : 2EA10
NPM : 16213481



 Hasil gambar untuk LAMBANG GUNADARMA



KATA PENGANTAR


Segala puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.

Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui salah satu contoh koperasi dalam peranannya di lingkungan Universitas Gunadarma yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.

Makalah ini memuat tentang “Peranan Koperasi Serba Usaha bagi mahasiswa” dan sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.

Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada rekan mahasiswa yang telah banyak membantu penyusun agar dapat menyelesaikan makalah ini.

Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.




  DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
I,I Latar belakang

BAB II PEMBAHASAN
II.I Visi dan Misi Koperasi Serba Usaha
II.II Peran Koperasi Serba Usaha
II.III Struktur Organisasi Koperasi Serba Usaha

BAB III PENUTUP
III.I Kesimpulan
III.II Saran


Daftar Pustaka


BAB I
PENDAHULUAN

I.I Latar Belakang

Koperasi merupakan lembaga dimana orang-orang yang memiliki kepentingan relatif homogen berhimpun untuk meningkatkan kesejahteraannya. Konsepsi demikian mendudukkan koperasi sebagai badan usaha yang cukup strategis bagi anggotanya dalam mencapai tujuan-tujuan ekonomis yang pada gilirannya berdampak kepada masyarakat secara luas. Di sektor perkuliahan Pusat Bisnis dan Kewirausahaan Universitas Gunadarma adalah salah satu unit lembaga pengembangan kemahasiswaan yang didirikan dan dikembangkan oleh Program Diploma Tiga Bisnis dan Kewirausahaan Universitas Gunadarma, pada pertengahan Februari 2008 mengembangkan kreatifitas dan kemampuan mahasiswa dalam hal-hal diluar potensi akademik serta mengembangkan potensi jiwa kewirausahaan. Sehingga diharapkan akan menciptakan lulusan-lulusan yang mampu bersaing dalam menghadapi persaingan pasar bebas dan menciptakan berbagai bursa lapangan kerja yang pada akhirnya akan membantu program kinerja pemerintahan. Dengan demikian, para wirausahawan tersebut mampu mengembangkan unit-unit usaha yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat bersaing di pasar domestik maupun pasar global.





BAB II
PEMBAHASAN


II.I VISI

Terwujudnya Koperasi Simpan Pinjam yang mandiri dan tangguh dengan berlandaskan amanah dalam membangun ekonomi bersama dan berkeadilan di Indonesia.
MISI

Upaya untuk mewujudkan VISI, Koperasi Simpan Pinjam Jasa melakukan aktifitas sebagai berikut :
1.    Mengajak seluruh potensi yang ada dalam masyarakat dengan tanpa membedakan suku,ras,golongan dan agama, agar mereka dapat bersama -sama, bersatu padu dan beritikad baik dalam membangun ekonomi kerakyatan secara bergotong royong dalam bentuk koperasi.
2.    Membantu para pedagang kecil dan menengah didalam mobilisasi permodalan demi kelancaran usaha sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.
3.    Turut membantu pembangunan ekonomi dan menunjang pelaksanaan kegiatan usaha secara aktif dengan mengajak mitra usaha lainnya baik BUMN,swasta, perbankan maupun gerakan koperasi lainnya.
4.    Sebagai penyeimbang system perekonomian Indonesia dalam bentuk organisasi masyarakat.
5.    Memberikan kredit berbunga rendah kepada para pedagang kecil.
Dengan mengacu pada teori Segmeting Tageting dan Positioning yang dikemukakan oleh Philip Kotler dan metode Problem Solving Process yang dikemukakan oleh Tenner dan De Toro (1992), maka repositioning koperasi dapat ditetapkan, visi misi seperti berikut:
Visi
Berangkat dari visi koperasi, yaitu koperasi, pengusaha kecil dan menengah berperan sebagai pelaku utama dalam perekonomian nasional yang bertumpu pada mekanisme pasar yang berkeadilan. 
Misi
Sedangkan misi koperasi, yaitu memberdayakan koperasi, pengusaha kecil dan menengah menjadi pelaku ekonomi yang tangguh dan profesional, dengan mengembangkan system ekonomi kerakyatan yang bertumpu pada mekanisme pasar yang berkeadilan berbasi pada SDA dan SDM yang produktif, mandiri, maju, berdaya saing, berwawasan lingkungan dan berkelanjutan dengan bermuara dalam koperasi, PKM serta masyarakat pada umumnya. 
VISI MISI KOPERASI SIMPAN PINJAM 
VISI
Terwujudnya Koperasi Simpan Pinjam yang mandiri dan tangguh dengan berlandaskan amanah dalam membangun ekonomi bersama dan berkeadilan di Indonesia.
MISI
Upaya untuk mewujudkan VISI, Koperasi Simpan Pinjam Jasa melakukan aktifitas sebagai berikut : 
a.    Mengajak seluruh potensi yang ada dalam masyarakat dengan tanpa membedakan suku,ras,golongan dan agama, agar mereka dapat bersama -sama, bersatu padu dan beritikad baik dalam membangun ekonomi kerakyatan secara bergotong royong dalam bentuk koperasi.
b.    Membantu para pedagang kecil dan menengah didalam mobilisasi permodalan demi kelancaran usaha sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.
c.    Turut membantu pembangunan ekonomi dan menunjang pelaksanaan kegiatan usaha secara aktif dengan mengajak mitra usaha lainnya baik BUMN,swasta, perbankan maupun gerakan koperasi lainnya.
Visi dan Misi Dinas Koperasi serba usaha
Visi
Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) yang mandiri , tangguh, berdaya saing, berperan utama dalam perekonomian rakyat .
Misi
  1. Mewujudkan SDM pengelola Koperasi dan UMKM yang Profesional.
  2. Mewujudkan iklim usaha yang kondusif bagi perkembangan Koperasi dan UMKM.
  3. Menumbuh kembangkan lembaga keuangan mikro (KOPERASI SIMPAN PINJAM/ UNIT SIMPAN PINJAM KOPERASI-Koperasi) sampai di wilayah perdesaan.
  4. Membangun dan mengembangkan jaringan distribusi dan networking ekonomi sampai perdesaan.
  5. Mengembangkan Koperasi dan UMKM berbasis produk unggulan daerah yang tertumpu pada sumber daya lokal.
  6. Penumbuhan wirausaha baru dan perluasan kesempatan kerja.


II.III Struktur Organisasi

BAB III
PENUTUP

III.I

KESIMPULAN & SARAN
  • Kesimpulan
    • Suatu lembaga koperasi harus memiliki anggota minimal 20 orang, untuk itu apabila anggota nya sedikit maka koperasi tersebut akan berdiri dengan lemah.
    • Menurut saya koperasi simpan pinjam yang ada di Indonesia jumlahnya sangat lah terbatas.
    • Strategi yang sangat bagus dalam membangun sebuah koperasi adalah dengan mengkombinasikan strategi sumber daya manusia dan pemasaran, karena dengan sumber daya yang sangat baik maka akan mudah dalam hal memasarkan.
    • Dengan adanya pengkombinasian dua strategi tersebut maka akan bisa memajukan koperasi yang telah kita dirikan.
  • Saran
  • Menurut saya sebuah koperasi harus memiliki sumber daya yang manusia yang efektif untuk memimpin suatu lembaga koperasi
  • Strategi yang sangat cocok untuk koperasi agar berkembang dengan baik adalah dengan strategi SDM dan pemasaran
  • Setiap anggota koperasi harus memiliki loyalitas yang tinggi terhadap koperasinya.
  • Untuk membangun koperas anggota harus aktif untuk memberikan kritik dan saran terhadap koperasi apabila ada kekurangan dan kelemahan
- Hasil proses Observasi langsung ke Pusat Bisnis dan Kewirausahaan Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar